Banyak yang mengira bahwa pameran itu hanya terbatas pada pertunjukan karya seni padahal pameran lebih dari itu. Ini karena pameran sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan atau menyampaikan gagasan dan ide, dan karya. Sehingga pameran bisa melibatkan apa saja selain seni rupa seperti produk ataupun jasa. Yang harus diperhatikan Disini, pameran juga memiliki fungsi sebagai media promosi yang efektif untuk menarik perhatian target audien.

Tujuan pameran
Pameran diadakan dengan tujuan yang beragam. Untuk tujuan komersial, sebuah pameran berarti diselenggarakan untuk menarik perhatian calon pembeli dan menghasilkan transaksi. Sehingga pameran dapat menghasilkan profit yang diharapkan. Pameran juga seringkali diadakan dengan tujuan kemanusiaan misalnya untuk menggalang dana. Kemudian ada juga tujuan sosial yang tidak beda jauh esensinya dengan tujuan kemanusiaan. Misalnya saja profit dari pameran akan disalurkan untuk aktivitas sosial seperti untuk membantu para relawan yang sedang bertugas dilokasi bencana alam.
Hal-hal yang harus diperhatikan selama persiapan pameran
Menyelenggarakan pameran tidak bisa instan karena membutuhkan perencanaan yang matang. Sekalipun pameran yang akan diselenggarakan berskala kecil, namun pameran tetap harus direncanakan dengan baik dan terstruktur. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan penyelenggara dalam mempersiapkan sebuah pameran:
Tim yang bisa diandalkan
Tidak bisa dipungkiri bahwa menyelenggarakan pameran apapun itu tujuannya dan skalanya membutuhkan kerja sama tim yang solid. Diperlukan kepanitiaan yang jelas dan terstruktur untuk membantu agar setiap proses persiapan berjalan dengan baik. Maka, sangat disarankan untuk memilih individual yang memiliki kemampuan dibidangnya dan karakter yang kuat untuk saling melengkapi di tim.
Penentuan tujuan
Sebuah pameran diselenggarakan tentunya harus dengan tujuan yang jelas. Dengan komunikasi yang baik, maka akan nampak jelas apa tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana untuk mewujudkannya sampai sukses. Dengan tujuan yang jelas pula maka setiap individu dalam tim mampu bekerja sesuai porsi masing-masing dengan visi yang sama.
Baca Juga: Event Roundnet Di Bali Yang Menarik Untuk Di Nantikan Dampaknya
Tema dan konsep
Pameran diselenggarakan untuk menarik perhatian pengunjung. Untuk itu, penting untuk menentukan tema dan konsep seperti apa yang dapat menarik perhatian. Penentuan tema dan konsep juga bisa diselaraskan dengan tujuan maupun karya. Dengan begitu, akan terlihat konsep yang tidak saling tabrak nantinya dan bisa diterima audien dengan positif.
Materi serta agenda pelaksanaan
Materi adalah hal yang menjadi inti dari penyelenggaraan pameran tersebut. Materi juga bisa dikembangkan dari tema atau konsep yang diusung. Setelah materi ditentukan, maka harus disusun agenda pelaksanaan pameran ingin berjalan seperti apa. Pastikan rangkaian kegiatan sudah sesuai dengan tujuan dan muat dalam durasi.
Seleksi karya
Pameran yang dilakukan dengan jumlah peserta lebih dari satu orang dibutuhkan proses penyeleksian. Panitia perlu melakukan proses seleksi yang adil dan jelas untuk menentukan karya mana saja yang bisa ikut dalam pameran yang akan diselenggarakan. Memilih karya bisa dilihat dari kesesuaian tema, kreativitas yang aplikasikan, dan lainnya tergantung dari apa yang disepakati oleh tim.
Lokasi, perlengkapan, dan proposal
Setelah semua ditentukan maka saatnya memilih lokasi, menyiapkan perlengkapan, dan membuat proposal. Untuk lokasi, pilihlah gedung dengan kapasitas yang memadai serta tanggal yang sesuai. Persiapkan juga perlengkapan pameran yang akan dibutuhkan seperti lighting, sound system, buku tamu, meja kursi, dan lainnya. Proposal juga dibutuhkan jika anda hendak mengajukan partnership ataupun sponsorship. Pastikan proposal dibuat dengan jelas, singkat, transparan, dan realistis.