Pandemi yang terjadi secra global kemarin memang memberikan dampak yang tidak main-main. Semua sektor mengalami imbasnya yang bahkan meninggalkan dampak yang permanen hingga sekarang. Banyak prosedur yang kini diubah untuk menyesuaikan dengan dampak pandemi kemarin. Penyelenggaraan berbagai event pun terkena dampaknya dimana banyak event yang harus di batalkan atau diundur. Salah satu solusi terbaik ialah dengan berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan.

Pameran virtual sebagai bentuk inovasi
Pameran virtual merupakan salah satu produk inovasi dan kreativitas yang lahir karena keharusan untuk beradaptasi dengan situasi ketika pandemi menyerang. Saat terjadi pandemi, hampir semua jenis acara ataupun pertemuan diubah menjadi virtual dimana orang-orang bertemu dan berinteraksi secara virtual melalui platform online. Pameran virtual pun menjadi salah satu event yang banyak diminati ketika pandemi berlangsung bahkan sampai kini masih banyak peminatnya.
Daya tarik pameran virtual
Pada dasarnya pameran virtual menyajikan pengalaman yang sebisa mungkin sama dengan pameran konvensional. Menggunakan jaringan internet, pameran virtual melibatkan orang-orang untuk berinteraksi di lingkungan virtual tanpa harus mendatangi venue secara langsung. Pameran virtual memberikan nuansa yang mirip dengan pameran fisik tanpa ada batas ruang dan jarak.
Kemudian, pameran virtual juga memiliki daya tarik yang unik karena ini memberikan keuntungan bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan ruang. Sehingga event yang seharusnya berlokasi yang jauh dari tempat tinggal bisa diikuti dengan mudah secara online. Tidak heran jika pameran virtual bisa menarik lebih banyak pengunjung karena ruang lingkup yang tidak terbatas.
Pameran virtual pasca pandemi
Meskipun pandemi bisa dikatakan sudah berakhir dan situasi semakin membaik, pameran virtual ternyata tidak kehilangan peminat. Justru, pandemi kemarin seperti garis awal popularitas pameran virtual yang akan terus bertahan hingga sekarang dan kedepannya nanti. Sampai saat ini, masih banyak event-event pameran virtual yang diselenggarakan dengan pengunjung yang berasal dari berbagai tempat di belahan dunia.
Baca Juga: Event Roundnet Di Bali Yang Menarik Untuk Di Nantikan Dampaknya
Menyelenggarakan pameran virtual dengan sukses
Penyelenggaraan pameran fisik memerlukan banyak persiapan yang bisa memakan waktu yang tidak sebentar. Meski begitu, pameran virtual juga membutuhkan persiapan yang matang agar terlaksana dengan sukses. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan:
1. Tentukan tujuan
Penting untuk menentukan tujuan dari pameran virtual yang akan dilaksanakan. Tujuan untuk menghemat biaya memang tidak salah namun perlu dipastikan bahwa menghemat biaya tidak merusak kualitas pameran yang dipersembahkan. Maka sebaiknya dipertimbangkan lagi tujuan yang sebenarnya. Tujuan pameran bisa berdasarkan visi dan siapa target audien yang dituju. Penentuan tujuan akan berpengaruh pada penentuan konsep, desain, dan strategi promosi.
2. Pilih platform online yang tepat
Ada banyak platform yang bisa digunakan sebagai wadah untuk pelaksanaan pameran virtual. Beberapa platform merupakan brand yang sudah established dan sebagian muncul dikala pandemi terjadi. Pilih platform yang memiliki stabilitas jaringan yang baik, menyajikan fitur yang memudahkan pelaksanaan event, dan serta memiliki tim pemecah masalah yang bisa diandalkan.
3. Tetapkan waktu serta strategi promosi
Penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan pameran virtual terlebih jika menargetkan komunitas tertentu sebagai calon peserta. Pastikan memilih waktu yang tepat yang kemungkinan besar akan dihadiri banyak orang. Kemudian, penting juga untuk menentukan jenis promosi yang efektif. Gunakan media sosial untuk bisa memperluas jangkauan promosi. Buatlah konten atau media unik namun tetap relevan dalam mempromosikan event pameran virtual.