Pameran merupakan kegiatan untuk menampilkan atau menyajikan berbagai karya. Namun tidak hanya itu, pameran juga merupakan kegiatan untuk mempromosikan produk ataupun jasa dan biasa juga disebut dengan expo. Apa itu Expo (exposition)? merupakan kegiatan untuk memperkenalkan usaha kepada khalayak ramai. Event expo sangat bermanfaat terutama bagi para pelaku UMKM sebagai ajang promosi yang efektif.

Apa itu expo?
Expo memiliki istilah lain seperti trade fair atau pameran perdagangan. Kegiatan ini banyak dilakukan para pelaku usaha guna menarik perhatian calon pembeli melalui rangkaian kegiatan promosi yang lebih unik. Event expo biasanya dilakukan dalam skala yang besar dan melibatkan banyak para pelaku usaha. Banyak yang berpikir bahwa expo terdengar lebih mewah jika dibandingkan dengan pameran meskipun pada dasarnya sama saja.
Dimana expo bisa dilakukan? Expo bisa dilakukan dimana saja baik dengan tema indoor maupun outdoor. Banyak perusahaan yang melakukan expo di lokasi ramai dan banyak dikunjungi orang seperti plaza. Selain itu, expo juga sering digunakan untuk melaksanakan kegiatan seremonial di suatu daerah seperti acara ulang tahun institusi, kabupaten, atau provinsi.
Apa manfaat diselenggarakannya event expo?
Expo masih sekarang masih dipilih sebagai kegiatan yang memiliki dampak signifikan khususnya untuk industri UMKM. Dengan mengikuti expo, ada ragam manfaat yang bisa diperoleh khususnya para pelaku usaha, diantaranya:
Membangun interaksi dengan konsumen
Dengan mengikuti expo, maka pelaku usaha bisa meningkatkan visibilitas lebih baik karena dapat bertemu langsung dengan calon konsumen. Melalui expo, pelaku usaha bisa berinteraksi dengan calon konsumen dan memberikan informasi yang mereka butuhkan. Ini bisa menjadi langkah awal yang baik dalam membangun koneksi dengan konsumen kedepannya.
Baca Juga: Event Roundnet Di Bali Yang Menarik Untuk Di Nantikan Dampaknya
Meningkatkan nilai brand
Pelaku usaha perlu melakukan berbagai macam cara agar brand-nya dikenal lebih luas. Melalui expo, hal tersebut bisa terwujud karena disinilah tempatnya berkumpul calon konsumen. Branding merupakan bagian dari strategi pemasaran dan expo merupakan salah satu cara paling efektif untuk digunakan. Semakin sering mengikuti expo maka semakin terekspos pula brand kepada khalayak yang lebih luas. Pada akhirnya, ini membuka peluang untuk memperoleh konsumen.
Membidik target konsumen yang lebih tepat
Biasanya sebuah expo di usung berdasarkan tema tertentu sehingga peserta yang mengikuti sesuai dengan tema serta visi expo tersebut. Dengan begitu, para pengunjung yang datang pun adalah mereka yang memiliki minat atau ketertarikan yang serupa. Sehingga lebih besar peluang untuk menarik target konsumen yang sesuai.
Meningkatkan kualitas
Baik yang anda tawarkan berupa produk maupun jasa, harus selalu ada ruang untuk memperbaiki. Dan event expo bisa menjadi kegiatan yang tepat untuk anda meningkatkan kualitas dari mendengarkan feedback pengunjung, serta melihat bagaimana brand dapat dengan sukses menarik perhatian banyak pengunjung.
Memilih expo yang tepat untuk diikuti
Jika anda tertarik untuk mengikuti kegiatan expo, baiknya tidak terburu-buru. Pastikan untuk memilih jenis expo yang tepat yang dapat membantu mempromosikan brand anda dengan efektif. Cari informasi mengenai expo dan pilih yang memiliki reputasi baik. Pilih expo yang diadakan di lokasi yang strategis yang kemungkinan besar dapat mengumpulkan banyak target konsumen anda. Kemudian, persiapkan keikutsertaan anda dengan baik mulai dari membuat booth atau stand yang unik, menyiapkan giveaway, dan menyiapkan bahan promosi yang diperlukan. Pastikan juga untuk tetap interaktif dan ramah ke setiap pengunjung yang berkunjung ke booth anda.